Kamis, 01 Juli 2010

Perempuan Cantik di Pusat Skandal Mata-mata

Do you want to share?

Do you like this story?


Hari ini Gokiel Abiez berkata mengenai":KOMPAS.com – Anna Chapman, perempuan yang berada di pusat penyelidikan dugaan jaringan mata-mata Rusia yang tertangkap di AS, sebelumnya bekerja di Inggris dan menikah dengan warga Inggris.

Chapman, nama yang diberikannya kepada petugas yang mencokoknya, merupakan salah satu dari 10 orang ditahan FBI karena diduga selama bertahun-tahun menjadi agen rahasia dinas intelijen Rusia.

Perempuan cantik itu tampaknya telah tinggal di Inggris sekitar empat tahun sejak 2003 dan perusahaan swasta penyewa pesawat NetJets Eropa mengatakan, ia telah bekerja di kantor perusahaan itu di London untuk jangka waktu yang singkat. Sebuah laporan di Daily Express mengatakan, nama Chapman yang sebenarnya adalah Kuschenko, dan ia lahir di Ukraina, dibesarkan di Volgograd, yang sebelumnya bernama Stalingrad.

Seorang juru bicara perusahaan itu mengatakan, "Kami dapat mengonfirmasi bahwa Nona Chapman dipekerjakan NetJets Eropa dari Mei sampai Juli 2004, sebagai asisten eksekutif di departemen penjualan."

Menurut profilnya di situs jejaring LinkedIn, Chapman bekerja di London dari September 2003 dan bekerja di divisi investment banking dari Barclays Bank dan hedge fund Navigator. Namun Barclays mengatakan, bank itu tidak memiliki catatan tentang Anna Chapman yang mengaku pernah bekerja di divisi investasi bank tersebut pada tahun 2004 dan 2005.

Profil Chapman, sebagaimana dikutip Telegraph, Rabu (30/6), mengatakan, ia telah menjalankan perusahaan sendiri, agen real estate di internet bernama Properti Finder Ltd, sejak Oktober 2006 dan sekarang berpusat di New York. Ia mengaku mampu berbahasa Rusia, Inggris, Jerman dan Perancis dan memiliki gelar master di bidang ekonomi dari sebuah universitas Rusia. Profilnya itu juga menyatakan, ia belajar perencanaan keuangan di BPP International Educational Centre yang berbasis di Inggris. Seorang juru bicara lembaga pendidian itu mengatakan bahwa dia tidak dapat mengonfirmasi apakah Chapman pernah belajar di sana.

Menurut laporan Daily Express, Chapman menikah dengan warga Inggris tetapi sudah bercerai.Halaman Facebook Chapman memuat beberapa foto glamor dan foto hitam dan putih yang menunjukkan dirinya mengenakan apa yang tampaknya seperti seragam organisasi Young Pioneer, organisasi di bekas Uni Soviet yang setara dengan Pramuka.

Kasus mata-mata Rusia itu terungkap Selasa, beberapa hari setelah Presiden Rusia Dmitry Medvedev bertemu Presiden Barack Obama di Washington. Rusia mengkritik waktu pengumuman kasus itu yang dilakukan beberapa saat setelah pertemuan kedua pemimpin tersebut. Pihak Gedung Putih mengatakan, Obama tahu tentang penyelidikan skandal tersebut sebelum ia bertemu dengan Medvedev di Washington akhir pekan lalu, tetapi tidak menyebutkannya dalam pembicaraan mereka.

Skandal mata-mata itu menjadi berita heboh media AS. Para tersangka dituduh mengumpulkan informasi mulai dari data penelitian tentang hulu ledak nuklir berpenetrasi tinggi hingga
latar belakang para pelamar Central Intelligence Agency (CIA).

Sumber : Kompas.com

YOU MIGHT ALSO LIKE

Advertisements

Advertisements