Minggu, 13 Juni 2010

Awas, Susu Balita Bisa Picu Obesitas

Do you want to share?

Do you like this story?

Hari ini Gokiel Abiez berkata mengenai":


VIVAnews - Sebuah produk susu fomula untuk balita berusia satu hingga tiga tahun ditarik dari pasaran Amerika Serikat karena dituding menyebabkan kegemukan pada anak. Susu formula tersebut ditengarai memiliki kandungan gula yang melampaui kebutuhan anak, seperti halnya permen.

Sebuah produsen susu formula anak untuk usia 12-36 bulan, mengklaim susu formula buatannya berisi lebih dari 25 zat tambahan untuk mendukung pertumbuhan otak dan tubuh anak. Namun, kandungan gula yang terlalu tinggi pada produk, dinilai menyebabkan obesitas pada bayi.

Juru bicara produsen susu yang populer ini, Chris Perille, menganjurkan agar menghentikan konsumsi susu formula cokelat karena sifatnya yang mempengaruhi emosional. "Pengaruhnya menyerupai permen dan hal yang tidak bermanfaat lainnya," ujarnya seperti dikutip dari laman ABCnews.

Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan Rabu waktu setempat, produsen susu mengakui telah terjadi kesalahpahaman yang melibatkan konsumen mengenai produk tersebut.

Meski menarik produk susu cokelatnya dari pasaran, produsen ini masih akan melanjutkan menjual susu formula rasa vanila dengan kandungan gula 16-17 gram dan tiga jenis susu formula balita dan anak lainnya dengan kandungan gula 10-11 gram.

Pakar Nutrisi dan penulis 'What to Eat' Marion Nestle mengatakan produsen menambahkan bahan tertentu seperti lutein, lycopene dan beta karoten pada formula hanya meningkatkan harga susu. Hal ini tidak mempengaruhi kesehatan bayi dan balita.

"Harga susu menjadi mahal, tetapi tidak bermanfaat," katanya. Untuk itu, ia menyarankan agar anak makan menu yang bervariasi. "Tidak ada satupun makanan yang mampu memberi segalanya. Mereka harus makan berbagai jenis makanan untuk mendapat manfaat kesehatan."

Sebuah studi terbaru Institut Kedokteran menyebutkan epidemi obesitas dan diabetes tipe 2 meningkat di kalangan anak karena standar makanan yang berubah

sumber = http://id.news.yahoo.com/viva/20100611/tls-awas-susu-balita-bisa-picu-obesitas-34dae5e.html

YOU MIGHT ALSO LIKE

Advertisements

Advertisements