Senin, 31 Mei 2010

Twitter Dicurigai Sensor Kata "Flotilla"

Do you want to share?

Do you like this story?

Hari ini Gokiel Abiez berkata mengenai":

JAKARTA, KOMPAS.com - Serangan udara yang dilakukan tentara Israel terhadap kapal Mavi Marmara yang dipakai rombongan relawan kemanusiaan "Freedom Flotilla" yang akan ke Gaza menjadi bahan pembicaraan hangat di internet. Namun, banyak pihak mempertanyakan mengapa kata "Flotilla" dan "Gaza" tak muncul sebagai trending topics (TT) Twitter. Yang masuk justru kata "Israil", sebutan warga Turki terhadap bangsa Israel.

Para pengguna Twitter banyak yang mempertanyakan hal tersebut dan mencurigai Twitter melakukan sensor atas kata "Flotilla" yang secara harfiah berarti "Armada". Salah satu yang menjadi sorotan adalah adanya fakta bahwa kata tersebut digunakan sebagai nama rombongan (Freedom Flotilla) oleh tim relawan yang membawa sekitar 10 ton bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Palestina yang 'dipenjara' tentara Israel selama kurun waktu empat tahun terakhir.

Kecurigaan adanya pemblokiran kata "Flotilla" oleh Twitter ini diketahui dengan merujuk ke beberapa situs pembaca trending Twitter seperti Trendistic. Di situs yang melacak kata-kata populer di Twitter itu, kata "Flotilla" bercokol di urutan kedua setelah kata "Israel".

Trend penggunaan kata "Gaza Flotilla" di dunia maya juga menunjukkan peningkatan tajam seperti ditampilkan oleh Google Trends. Namun, kata tersebut tak muncul di trending topics Twitter. Kata Israel juga tak muncl dalam trending topics.

Satu-satunya yang tercantum di TT Twitter terkait tragedi berdarah yang telah menewaskan sedikitnya 16 orang dan melukai puluan orang relawan dari berbagai negara adalah kata "Israil" yang umumnya berisi cacian dan protes keras masyarakat Turki terhadap keputusan Israel menghujani kapal kemanusiaan dengan timah panas.(KOMPASIANA/Iskandar Zulkarnaen)

Sumber : http://lipsus.kompas.com/topikpilihan/read/2010/05/31/1738543/Twitter.Dicurigai.Sensor.Kata.Flotilla

YOU MIGHT ALSO LIKE

Advertisements

Advertisements